Selasa, 22 September 2015

Pengertian, Tujuan dan Teknik Perekrutan Sumber Daya Manusia

Rekrumen pada dasarnya merupakan proses menentukan dan menarik pelamar yang mampu untuk bekerja dalam suatu perusahaan. Proses ini di mulai ketika para pelamar dicari dan berakhir ketika lamaran-lamaran mereka diserahkan/dikumpulkan. Hasilnya adalah merupakan sekumpulan pelamar calon karyawan baru untuk diseleksi dan dipilih. Selain itu rekruitmen juga dapat dikatakan sebagai proses untuk mendapatkan sejumlah SDM (karyawan) yang berkualitas untuk menduduki suatu jabatan atau pekerjaan dalam suatu perusahaan.
Menurut McKenna & Beach rekrutmen adalah proses untuk mendapatkan sumber daya manusia untuk menempati sebuah posisi dalam sebuah seksi dalam sebuah departemen di dalam organisasi. Sedangkan menurut Venkatesh & Jyothi, rekrutmen adalah sebuah seni dalam menemukan potensial dalam diri para pelamar untuk lowongan dalam sebuah organisasi. Kata seni disini bisa diarktikan sebagai soft skill dalam manajemen, beberapa juga diartikan sebagai natural talent para manager atau para recruiters.
Tujuan dari rekrutmen adalah sebagai berikut
1.      Menyediakan sekumpulan calon tenaga kerja yang memenuhi syarat
2.      Agar konsisten dengan strategi, wawasan dan nilai perusahaan.
3.      Untuk membantu mengurangi kemungkinan keluarnya  karyawan yang belum lama bekerja
4.      Untuk mengkoordinasikan upaya perekrutan dengan program=m seleksi dan pelatihan.
5.      Untuk memenuhi tanggung jawab perusahaan dalam upaya menciptakan kesempatan kerja.
Teknik-teknik rekrutmen adalah sebagai berikut:
1.     Centralized Recruitment TechniqiueTeknik (Rekrutmen yang Disentralisasikan)
Jika instansi tersebut mempunyai beberapa ribu pekerja, dan jika departemen-departemen yang berbeda merekrut sejumlah besar pekerja juru ketik atau teknis bagi tipe kedudukan yang sama, rekrutmen yang disentralisasikan akan lebih sering dipakai karena lebih efisien biaya.
Jika rekrutmen disentralisasikan, instansi yang mengelola sumber daya manusia itu akan bertanggungjawab untuk meminta dari para manajer akan perkiraan-perkiraan periodik mengenai jumlah dan tipe pekerja-pekerja baru yang dibutuhkan di waktu akan datang.
1.                   Jenis pekerja, klasifikasi, dan besarnya gaji
1.      lokasi tugas (unit geografis dan organisasi)
2.      gambaran dari kewajiban-kewajiban kerja.
3.      Kualifikasi minimal
4.      Tanggal mulai kerja
5.      Prosedur-prosedur pelamaran,
6.      Tanggal penutup bagi
    2. Decentralized Recruitment Techniqiue (Teknik Rekrutmen yang Didesentralisasikan)
Rekrutmen yang didesentralisasikan terjadi di instansi-instansi yang relatif kecil, kebutuhan-kebutuhan rekrutmen terbatas, dan dalam mana setiap instansi mempekerjakan berbagai tipe pekerja. Rekrutmen dengan cara ini selalu dipakai untuk posisi-posisi khas profesional, ilmiah, atau administratif bagi suatu instansi tertentu. Selama masa resesi, di mana permintaan akan pekerjaan-pekerjaan pemerintah meningkat tetapi lowongannya terbatas, maka penggunaan rekrutmen dengan cara ini lebih efektif.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar